Tips Merawat Sprei , anda harus tahu

Merawat Sprei – Sebuah sprei berkualitas menggunakan bahan-bahan yang tidak sembarangan dengan proses pembuatan yang istimewa, karena itulah untuk merawatnya pun perlu metode khusus. Kebanyakan orang beranggapan bahwa mencuci dengan cara yang sederhana asal semua kotoran hilang dapat merawat sprei supaya tetap awet, namun kenyataannya justru akan merusak tekstur kain perlengkapan tidur tersebut.

Pada umumnya, sprei terbuat dari bahan katun ataupun satin. Namun, jenis katun dan satin yang tidak sama itulah yang memerlukan perawatan sepreiberbeda-beda. Anda tidak perlu bingung, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat sprei mahal kesayangan, yaitu:

  • Untuk mencuci sprei mahal, gunakanlah deterjen dengan formula lembut supaya tekstur kain sprei tetap terjaga kelembutannya. Deterjen yang keras memang dapat menghilangkan noda dengan cepat namun tidak jarang cara ini dapat merusak kain sehingga menjadi kasar, berkerut dan pudar warnanya. Tentu hal tersebut bukanlah termasuk cara merawat sprei yang baik, kan?
  • Cara menggunakan deterjen juga sebaiknya tidak langsung dituangkan pada sprei. Jika Anda merawat sprei dengan mencuci secara manual, buatlah campuran air dingin dan deterjen terlebih dahulu, baru kemudian memasukkan spreinya. Namun jika Anda merawat dengan menggunakan mesin cuci, lakukan pemutaran saat sprei sudah terendam air saja. Setelah semua bagian basah, Anda bisa menuangkan deterjen ke dalamnya sedikit demi sedikit.
  • Gunakan air dingin saat mencucinya dengan mesin maupun secara manual, karena air dingin juga dapat membantu merawat bentuk perlengkapan tidur Anda tersebut. Untuk menghilangkan nodapun Anda tidak perlu menggunakan air hangat apalagi panas. Dengan air dingin dan campuran deterjen sebagai bahan untuk mengucek area yang bernoda, sudah cukup membantu menghilangkan kotoran pada sprei.
  • Lakukan pencucian dengan maksimal sampai sprei benar-benar bersih, setelah itu bilaslah sampai deterjen hilang dan sprei bersih dari sisa sabun. Jika sampai ada deterjen atau pelembut cucian yang masih menempel sehingga dapat menimbulkan noda kekuningan dan bau tak sedap pada sprei kesayangan, sayang sekali, bukan?
  • Proses pengeringan juga perlu dilakukan dengan cermat. Tidak ada cara yang lebih ampuh untuk merawat dengan cara mengeringkan cucian tersebut di bawah terik sinar matahari, termasuk sprei Anda. Selain mempercepat proses pengeringan, sinar matahari dapat membantu menghilangkan kuman-kuman yang masih tertinggal sehingga bau tak sedap dapat dicegah.
  • Setelah benar-benar kering dan baunya segar, Anda bisa segera menyimpannya dalam lemari atau menggunakannya kembali. Tapi ingat, sebelum menggunakan atau menyimpannya, sprei yang sudah kering tersebut bisa Anda kibaskan terlebih dahulu supaya debu-debu yang menempel rontok dan lenyap seketika.

Itulah cara khusus untuk merawat sprei berkualitas di rumah Anda agar senantiasa bersih dan tahan lama. Hal yang terpenting adalah saat menyimpan atau menggunakan sprei, pastikan tempat tersebut tidak lembap dan mudah dibersihkan karena area yang lembap dapat menimbulkan noda yang lambat laun justru merusak tekstur kain.

#sprei #spreimurah #spreipolos #spreikatunlokal #spreicantik #spreianak #spreibagus #spreionline #spreidewasa #spreihandmade #doktersprei #spreiglamour #spreistar #spreimotif #spreibagus #spreibedcover #spreimewah #selimut #spreikatun #spreilucu

#bedcover #tokoonline #olshop #spreijogja

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s